Monday 22 February 2016

Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Zat besi merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Adaupun fungsi dari zat besi ini adalah membantu dalam mengangkut oksigen melalui paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi ini juga digunakan dlaam proses pembuatan hemoglobin serta memiiki peran penting dalam daya tahan pada tubuh. Dengan fungsinya tersebut tak heran jika seseorang perlu mengonsumsi sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi.
Apabila tubuh kekurangan zat besi maka akan menyebabkan berbagai dampak buruk seperti terhambatnya pasokan dari hemoglobin di dalam darah. Untuk penyakit karena kekurangan dari sel darah merah disebut dengan anemia. Untuk gejala yang ditandai ketika seseorang terkena anemia seperti sering pusing, pucat, cepat lelah, lemas, dan juga sering pingsan. Nah untuk itu pada pembahasan di bawah ini akan membahas mengenai beberapa sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi. Langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!
Berikut Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi
Daun Bayam
Bayam merupakan salah satu sayuran yang sangat membantu Anda dalam mendapatkan zat besi. Dengan mengonsumsi bayam membantu untuk mencegah anemia atau kekurangan darah. Ini dikarenakan zat besi yang terkandung di dalam bayam cukup tinggi. Nah oleh sebab itu jangan ragu untuk mengonsumsi bayam setiap minggunya. Namun perlu diketahui bahwa ketika memasak sayur bayam sebaiknya jangan terlalu lama, karena hanya dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.
Roti Gandum
Sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi berikutnya adalah roti gandum. Untuk sumber makanan yang satu ini selain mengandung serat ternyata juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Roti gandum memiliki berbagai manfaat seperti membantu mencegah penyakit jantung, kanker, mencegah anemia, dan banyak lagi. Selain itu bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, direkomendasikan untuk mengonsumsi roti gandum.
Kangkung
Selain sayur bayam, kangkung ternyata juga mengandung zat besi cukup tinggi. Kangkung yang kaya akan zat besi juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang memiliki manfaat banyak untuk tubuh. Nah untuk itu cukupi kebutuhan nutrisi Anda sehari-hari dengan mengonsumsi sayuran.
Daging Sapi
Untuk protein dari hewani yang mengandung zat besi adalah daging sapi. Bagi kebanyakan orang daging sapi menjadi salah satu sumber makanan yang banyak digemari. Pasalnya daging sapi memiliki banyak manfaat positif untuk tubuh. Daging sapi mengandung nutrisi penting seperti zat besi, protein, vitamin A, vitamin D, dan kandungan nutrisi penting lainnya. Adapayn manfaat dengan mengonsumsi daging sapi seperti membantu meningkatkan kesehatan tubuh seperti pada jantung, organ mata, saraf pada tubuh, dan banyak lagi.
Kentang
Di samping mengandung vitamin B6, ternyata kentang juga mengandung zat besi cukup tinggi. Pasalnya di dalam kentang 50 gram terdapat kandungan zat besi sebesar 1,9 mg. Kentang dapat Anda konsumsi dengan cara dikukus atau digoreng. Namun untuk menghindari kolesterol, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara dikukus. Kentang memiliki manfaat untuk tubuh seperti membantu proses produksi sel darah merah, membantu mencegah masalah pada pencernaan, dan banyak lagi.
Nah itulah tadi beberapa sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi yang dapat Anda ketahui. Untuk sumber makanan yang mengandung sumber zat besi tinggi lainnya seperti bit, labu, kedelai, kacang merah, kacang koro, kacang hitam, kacang kapri, dan aneka jenis sumber makanan lain yang berasal dari sayur dan buah-buahan seperti alpukat.

Baca










No comments:

Post a Comment